Tidak Hanya Lumbung Pangan, Bupati Nikson Nababan Jadikan Taput Lumbung SDM Berkualitas

Tidak Hanya Lumbung Pangan, Bupati Nikson Nababan Jadikan Taput Lumbung SDM Berkualitas

Bupati Nikson Nababan merupakan seorang Bupati Tapanuli Utara yang sangat inovatif dan juga kreatif. Ia terkenal akan program – programnya di Taput yang menggebrak semangat warganya untuk terus maju. Selain itu, ia merupakan tipe Bupati yang tidak segan – segan untuk turun langsung untuk mewujudkan semua impiannya terkait dengan warga Taput. Sehingga warganya pun merasa sangat terbantu dan juga merasa sangat diperhatikan oleh Bupatinya. Ia pun tidak setengah – setengah dalam memberikan bantuan, ia siap mengeluarkan dari APBD guna menyejahterakan warganya.

Salah satu impian dari Bupati Nikson Nababan yang ingin diwujudkan adalah menjadikan Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan. Karena para petani di Tapanuli Utara ini seperti hilang semangat untuk bertani kembali. Hal tersebut dikarenakan kecilnya penghasilan yang didapatkan serta modal besar yang harus dikeluarkan di awal. Belum lagi jika terdapat gagal panen, itu membuat para petani perlahan – lahan mundur dari sektor pertanian. Melihat hal tersebut, Bupati tidak tinggal diam saja. Ia membuat berbagai program serta memberi para petani alat – alat tani serta bibit unggul dan pupuknya agar semangat bertani.

Karena Bupati Nikson Nababan melihat potensi yang begitu besar di Tapanuli Utara ini. Suburnya tanah yang dimiliki daerah tersebut tentunya menjadi poin penting untuk meningkatkan penghasilan mereka. Dengan berbagai bantuan dari Bupati yang mereka terima, mereka pun akhirnya merasa terbantu dan bersemangat kembali. Karena Bupati pun telah menggebrak semangat mereka habis – habisan dengan cara melakukan penyuluhan yang komunikatif. Dengan sadarnya para warga akan besarnya potensi lahan mereka, akan membuat mereka mengerti betapa besarnya peluang yang akan mereka dapatkan.

Tidak hanya ingin menjadikan daerah Lumbung Pangan saja, Bupati Nikson Nababan pun ingin menjadikan daerah mereka sebagai Lumbung SDM yang berkualitas. Selain itu, beliau juga mengajukan proposal tentang anggaran ke DPRD. Dengan memprioritaskan untuk pembangunan infrastruktur di Taput guna memudahkan transportasi para warganya. Selain itu, Bupati juga membangun pusat ekonomi di Tapanuli Utara ini agar para warga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka. Biaya yang dianggarkan pun mencapai angka 24 miliar rupiah.

Selain itu, Bupati Nikson Nababan pun menganggarkan untuk pemberian bantuan untuk warga Tapanuli Utara. Ia mengajukan anggaran sebesar 60 juta rupiah untuk pemberian bantuan ke desa. Kemudian, ia membuat anggaran lain yang digunakan untuk peningkatan kesehatan warga Tapanuli Utara sebesar 20 miliar rupiah. Dana tersebut ia gunakan untuk membangun pusat kesehatan bernama Rumah Sakit Umum Daerah Taruntung. Dengan begitu, masyarakat dapat mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan rutin.

Semua program yang dicapai oleh Bupati Nikson Nababan tersebut sebenarnya sudah direncanakan saat ia mencalonkan diri sebagai Bupati. Hal tersebut merupakan visi dan misi dari Bupati dan Wakil Bupati saat itu. Setelah mereka berhasil terpilih, visi dan misi tersebut dilanjutkan menjadi visi misi Pemerintah Tapanuli Utara. Jadi, memang beliau sudah merencanakan untuk merubah Tapanuli Utara menjadi lebih baik dari jauh – jauh hari. Karena itulah, para warga sangat berterimakasih atas semua pencapaian beliau untuk kemajuan Tapanuli Utara.

Lalu, untuk menjadikan Tapanuli Utara sebagai Lumbung SDM yang berkualitas, Bupati Nikson Nababan pun telah mempersiapkannya. Ia merencanakan terobosan baru untuk beberapa sektor yang ada, seperti sektor pendidikan, serta sektor tenaga kerja dan kesehatan. Ia membuat program baru yaitu program sekolah gratis untuk para warga guna menambah wawasan mereka. Semua biaya tentunya berasal dari dana APBD Taput sendiri. Dan karena program ini gratis, warga pun sangat bersemangat untuk mengikutinya.